Perjalanan Ibadah Haji

Perjalanan Ibadah Haji

Minggu, 24 Februari 2013

Mekkah - Saudi Arabia


alt 

Mekkah, yang secara geografis terletak antara 39-40 BT dan 21-22 BR, terletak ± 330 m diatas permukaan laut, lahannya menempati sebuah lembah kering yang dikelilingi gunung-gunung batu yang tandus, panjang lembah ini dari barat ketimur sekitar 3 km dan dari utara ke selatan sekitar 1,5 km.
Mekkah adalah kota yang pertama kali ada dimuka bumi, karena disinilah manusia pertama kali ada yaitu Nabi Adam AS diturunkan dan hidup dengan isterinya Siti Hawa. Dari sinilah keturunan anak manusia itu berkembang ke segala penjuru dunia dan disini pula lahirnya seorang Rosul akhir zaman yang bernama Muhammad bin Abdullah pada hari senin tanggal 12 Robiul Awwal tahun Gajah bertepatan 20 April 570 M dan para sahabatnya seperti: Abu Bakar Assidiq RA, Umar bin Khottab RA, Utsman bin Affan RA dan Ali bin Abi Thalib RA dan sahabat yang lainnya, ditempat ini pula lahirnya Agama Islam yaitu pada abad 14 M.
Mekkah disebut juga Tanah Haram, pada tahun 8 H, (623 M) Mekkah masih boleh ditempati atau di kunjungi oleh orang-orang Nasrani, Yahudi dan non muslim lainnya. Tetapi karena orang-orang kafir banyak melakukan tindakan-tindakan munafik, ingkar janji dan memusuhi serta menodai syiar Islam maka pada tahun 9 H berdasarkan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 28 yang artinya; “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang Musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini”.
Kota Mekkah akan terus berkembang namun Tanah Haram tidak ikut berkembang kerena batasnya telah ditetapkan yaitu dari :
  • Arah Utara Masjidil Haram ± 7 Km
  • Arah Selatan ± 13 Km
  • Arah Barat ± 25 Km
Disinilah Allah SWT menempatkan Ka’bah dan Masjidil Haram. Disini pula diterapkan beberapa macam larangan seperti berburu hewan buruan, tidak boleh merusak pohon, tanah dan batunya dilarang dibawa keluar tanah haram serta orang non muslim dilarang masuk.
Jarak beberapa kota dari kota Mekkah :
  • Jeddah 74 km
  • Thaif 80 km
  • Madinah 498 km
  • Riyadh 990 km

Pada bulan Juli dan Agustus suhu dikota ini sangat panas sampai 54°C dan pada bulan Desember dan Januari sangat dingin sampai 10°C, serta jarang mendapatkan curah hujan.
sumber :  http://insanitravel.com


PETA KOTA MEKKAH BESERTA LOKASI PEMONDOKAN JAMA’AH HAJI (MAKTAB HAJI)

Untuk melihat jarak daerah pemondokan jamaah haji Indonesia dengan Masjidil Haram, Mekkah silahkan lihat daftar di bawah ini: 
 Daerah/ Wilayah  Jarak Dari MAsjidil Haram
 Ja’fariyah/ Zumaizah  2,62 Km
 Sulaimaniyah  1 Km
 Shieb Amir  0,77 Km
 Jarwal/ Jarwal Taisyir  1,3 – 2 Km
 Zahir  2,5 – 3,2 Km
 Rai’ Zahir  2,5 – 2,8 Km
 Sari’ Sittin  3,9 Km
 Bakhutmah  2,1 – 2,7 Km
 Misfalah I  1,5 Km
 Misfalah II  2 – 3 Km
 Hijrah  3,79 Km
 Aziziyah (Mahbaz Jin)  2 – 3 Km
 Aziziyah Zanubiyah I  3 – 4 Km
 Aziziyah Zanubiyah II  5 – 6 Km
 Aziziyah Shimaliyah  3,3 – 6,5 Km
 Aziziyah Syisah/ Roudhah   2,6 – 4,7 Km
 Ma’abdah  2,3 – 3,3 Km
 Nuzhah  3 – 5 Km
 Kemah di Mina ke Jamarot  2,5 – 7 Km
 Syari’ Ummul Qura’ II  2,5 Km
 Syari’ Mansyur II  2,3 – 2,8 Km
*Data tersebut diatas diambil dari Google Earth
 

Peta Pemondokan Jamaah Haji Indonesia tahun 1433 H / 2012 M

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar