Perjalanan Ibadah Haji

Perjalanan Ibadah Haji

Minggu, 24 Februari 2013

Foto-foto Perjalanan Dari Madinah Menuju Makkah


Perjalanan dari kota madinah menuju kota Mekah bisa ditempuh dalam  waktu 6 jam dengan jarak tempuh 498 KM, Sambil membaca Talbiah.

لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك، إن الحمد والنعمة لك والملك، لا شريك لك 

Artinya, " Telah aku penuhi panggilan-Mu ya Allah! telah aku penuhi panggilan-Mu. Telah aku penuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi Engkau. Telah aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, segala nikmat dan kerajaan adalah kepunyaan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. "
Disepanjang perjalanan kita bisa menyaksikan pemandangan yang begitu menakjubkan, di mana kita akan menempuh perjalanan panjang membelah padang pasir dan hamparan batu-batu yang nyaris sama ukurannya. Hampir semua bukit tidak satupun ditumbuhi pohon yang terlihat hanyalah batu. Tapi sesekali kita bisa melihat rimbunan pohon di kaki-kaki bukit atau di daerah yang datar, disitulah terlihat unta-unta sedang mencari makan. 
Hikmah perjalanan ini adalah iman yang kuat yang dimiliki oleh Rasulullah dan para sahabatnya ternyata bisa menaklukan medan berat  menempuhnya dengan naik unta atau berjalan kaki dan tentu saja bisa sampai berhari-hari sampai di Madinah. Tetapi kita yang menaiki kendaraan dengan pasilitas AC terkadang cengeng, manja, sedikit kelelahan malas untuk memperbanyak ibadah karena harus berjalan jauh ke Masjidil Haram, waduh  malas nya minta ampun. Mudah-mudahan itu tidak terjadi lagi, maka semangat beribadah harus tetap menggelora mumpung berada di tanah suci.


























































 


























3 komentar: